Pembuatan Animasi : Biped Berjalan

Author zavaa - -
Home » » Pembuatan Animasi : Biped Berjalan

Agan Ni cara untuk membuat karakter berjalan di 3d max...(BAGI YANG EMULA)
 
Biped merupakan satu tulang sederhana terdiri dari tulang-tulang yang saling berhubungan pada satu hirarki.  3Ds Max menyediakan biped ini (default), jadi kita tidak perlu membuat satu persatu bagian biped ini.

Membuat biped:

1. Pada control panel yang terletak di sebelah kanan lembar kerja klik Systems.

2. Pada rollout Object Type, klik Biped.


3. Drag Biped tersebut pada viewport, terserah mau di viewport front, left, atau persfective. Jika ingin mengubah ukuran biped, pada control panel pilih motion, kemudian pilih structure. Di situ kita bisa merubah tinggi, jari tangan, kaki pada biped.

Hasilnya adalaha seperti gambar ini


Pastikan biped dalam keadaan aktif atau terpilih. Setelah itu, pada control panel, pilih motion dan rollout bagian biped. Kemudian aktifkan footstep mode (yang bergambar kaki). Kemudian, pada bawah pilihan biped akan muncul footstep creation, dan kita pilih create multiple footstep pada gambar yang dilingkari di bawah ini

 

 Kemudian akan muncul kotak dialog



Pada frame General, number of footstepsnya kita beri nilai 9. Ini merupakan banyaknya langkah biped. Bisa disesuaikan. Maka pada layar kerja, footsteps yang telah kita buat tadi tergambar seperti  jejak-jejak kaki.


Kita telah selesai membuat footstepsnya. Apakah biped sudah bisa melangkah? Belum. Biped belum bisa dijalankan. Maka, langkah selanjutnya adalah dengan menekan tombol create keys for inactive footsteps pada rollout footstep operation yang terdapat pada bawah rollout footsteps creation. Nah, baru biped bisa dijalankan. Cara menjalankan biped ini adalah dengan menekan tombol play yang terdapat pada bawah lembar kerja. Seperti yang terlihat pada tombol di bawah  ini yang dilingkari, kemudian jika tombol tersebut sudah diklik maka biped yang telah dibuat berhasil dijalankan. Dan untuk menghentikannya yaitu dengan menekan tombol yang tadi lagi, namun tombol tersebut sudah berubah menjadi tombol pause setelah biped dijalankan.


Pembuatan animasi biped berjalan sudah selesai. :D

Namun jika ingin memodifikasi, bisa saja. Misalnya saja ingin memodifikasi tangan pada saat biped berjalan seperti kalau orang pada umumnya berjalan, atau ingin menekuk sedikit dengkul, sikutnya bisa saja dilakukan.


Misalnya kita ingin mengangkat sikut, maka kita pilih objek tangan (untuk seleksi objek sudah ada pada pembahasan sebelumnya, jadi pasti udah bisa jadi ga usah dijelasin ya :D). kemudian, kita pindah-pindahkan sesuai dengan bentuk tekukan tangan yang diinginkan.

Dan bisa saja di rotate, sehingga hasilnya maksimal



Sedemikian sehingga menghasilkan animasi yang sesuai dengan seperti nyatanya.

Tangan belakangnya juga bisa diubah



Dan hasilnya akan seperti manusia biasanya berjalan.

Pembuatan file AVI, dibuat dengan Rendering, caranya dengan pilih menu file Rendering dan pilih Render, atau bisa langsung menekan tombol F10 pada keyboard.


Selanjutnya, pada common parameter, kita pilih active time segmen dan pada frame output size, pilih 320x240. Setelah itu, roll ke bawah dan klik pada tombol file, kemudian akan muncul kotak


Dan kita tulis nama file yang akan kita buat dengan format avi, jangan lupa tambahkan extention AVI dibelakangnya. Selanjutnya pilih OK saja jika muncul kotak dialog lagi, kemudian pada akan kembali pada kotak Render lalu tekan tombol Render.


Inilah proses Rendering, dan selama rendering, objek biped berjalan yang telah dibuat dipreview.

Saya rasa pembahasan kali ini sampai segini aja dulu ya. Mungkin lain kali bisa disambung lagi, memang sih masih bayak yang belum dibahas. Jadi ini hanya dasarnya saja. Belum pada pembuatan animasi dari time 0 sampai akhir. :D

Di lain pembahasan saja saya kira. Yah, alhamdulillah. Dan mohon maaf yah jika banyak kekurangannya. :)

Popular Posts

Popular Posts