Tutorial 3d max untuk pemula
Berikut ini adalah tutorial bergambar cara memberikan material atau tekstur pada obyek
menggunakan 3Ds max ( material standart ) mayoritas animasi entah itu untuk perframe
atau animasi gerak membutuhkan aplikasi material pada permukaan obyeknya agar benda
tersebut terlihat lebih hidup dan realistis.
Material akan sangat membantu untuk membentuk suatu tekstur dan warna yang tidak
mungkin dilakukan dengan mengedit obyek tersebut secara manual contoh seperti detail
pada benda yang sangat kecil, ada banyak jenis material pada 3D max, namun disini saya
akan menunjukkan cara aplikasi material standart yang mempunyai fungsi memberi
warna atau menempelkan foto pada permukaan benda tersebut, agar lebih mudah
dimengerti dan tidak njlimet saya akan menggunakan contoh aplikasi material pada
sebuah kotak, dan tutorial ini cocok buat anda yang baru belajar 3ds max.
•
Buat sebuah benda kotak dengan ukuran terserah, jika anda belum mengerti cara
membuat kotak ikuti langkah saya pilih tabC reate »Geometry » lalu pada
“Object Type”pilih Box klik kiri mouse pada View Perspektif dan tahan lalu
drag secara horisontal untuk memasukkan nilai panjang dan lebarnya lalu lepas drag kemudian drag lagi untuk memasukkan nilai tingginya, ahirnya jadi degh sebuah box.
•
Langkah kedua setelah selesai membuat box buka Material Editor dengan
mengeklik pada tombol atau tekanM padaKeyb oard anda. Selanjutnya klik pada
tombol kotak disebelahD iffus e lalu pada Map Browser pilihBitmap ( posisi
paling atas ) kemudian cari foto yang ingin anda masukkan, pilih apapun yang
ingin anda pakai, usahakan yang anda pilih adalah bitmap yang tidak di blur,
setelah selesai klik icon Go To Parent, pada contoh saya menggunakan tekstur
kayu sebagai bitmapnya, setelah bitmap tersebut masuk dalam Material Editor,
selanjutnya klik pada box hingga posisi terpilih lalu pencet icon Assign material
to selection atau memasukkan material dengan cara klik ditengah preview
material lalu drag ke box yang sudah anda buat tadi.
•
Sampai disini box yang anda buat tadi sudah mempunyai material foto pada
permukaannya, namun tidak semua obyek yang diberi material langsung muncul
pada viewport, seperti jika anda menggunakan 3Dmodel dari autocad yang
diimport kedalam max tentu tidak akan muncul, terus bagaimana cara mengatasi
jika tidak material tidak terlihat? untuk memastikan material tersebut sudah
masuk atau belum coba anda render dengan tekanF9 padaKeyb oard anda, jika
obyek hanya satu akan mudah mengingatnya, tetapi bagaimana jika anda ribuan
obyek yang materialnya tidak terlihat? solusinya adalah modifikasi box tersebut
dengan menambahkanUVW map caranya pilihModify » klik pada menu
dropdown di Modifier List » lalu pilihUVW map dan material foto anda akan
terlihat pada viewport.
Berikut ini adalah tutorial bergambar cara memberikan material atau tekstur pada obyek
menggunakan 3Ds max ( material standart ) mayoritas animasi entah itu untuk perframe
atau animasi gerak membutuhkan aplikasi material pada permukaan obyeknya agar benda
tersebut terlihat lebih hidup dan realistis.
Material akan sangat membantu untuk membentuk suatu tekstur dan warna yang tidak
mungkin dilakukan dengan mengedit obyek tersebut secara manual contoh seperti detail
pada benda yang sangat kecil, ada banyak jenis material pada 3D max, namun disini saya
akan menunjukkan cara aplikasi material standart yang mempunyai fungsi memberi
warna atau menempelkan foto pada permukaan benda tersebut, agar lebih mudah
dimengerti dan tidak njlimet saya akan menggunakan contoh aplikasi material pada
sebuah kotak, dan tutorial ini cocok buat anda yang baru belajar 3ds max.
•
Buat sebuah benda kotak dengan ukuran terserah, jika anda belum mengerti cara
membuat kotak ikuti langkah saya pilih tabC reate »Geometry » lalu pada
“Object Type”pilih Box klik kiri mouse pada View Perspektif dan tahan lalu
drag secara horisontal untuk memasukkan nilai panjang dan lebarnya lalu lepas drag kemudian drag lagi untuk memasukkan nilai tingginya, ahirnya jadi degh sebuah box.
•
Langkah kedua setelah selesai membuat box buka Material Editor dengan
mengeklik pada tombol atau tekanM padaKeyb oard anda. Selanjutnya klik pada
tombol kotak disebelahD iffus e lalu pada Map Browser pilihBitmap ( posisi
paling atas ) kemudian cari foto yang ingin anda masukkan, pilih apapun yang
ingin anda pakai, usahakan yang anda pilih adalah bitmap yang tidak di blur,
setelah selesai klik icon Go To Parent, pada contoh saya menggunakan tekstur
kayu sebagai bitmapnya, setelah bitmap tersebut masuk dalam Material Editor,
selanjutnya klik pada box hingga posisi terpilih lalu pencet icon Assign material
to selection atau memasukkan material dengan cara klik ditengah preview
material lalu drag ke box yang sudah anda buat tadi.
•
Sampai disini box yang anda buat tadi sudah mempunyai material foto pada
permukaannya, namun tidak semua obyek yang diberi material langsung muncul
pada viewport, seperti jika anda menggunakan 3Dmodel dari autocad yang
diimport kedalam max tentu tidak akan muncul, terus bagaimana cara mengatasi
jika tidak material tidak terlihat? untuk memastikan material tersebut sudah
masuk atau belum coba anda render dengan tekanF9 padaKeyb oard anda, jika
obyek hanya satu akan mudah mengingatnya, tetapi bagaimana jika anda ribuan
obyek yang materialnya tidak terlihat? solusinya adalah modifikasi box tersebut
dengan menambahkanUVW map caranya pilihModify » klik pada menu
dropdown di Modifier List » lalu pilihUVW map dan material foto anda akan
terlihat pada viewport.